You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Ratusan Motor Parkir di Bahu Jalan, Kawasan Senen Semrawut
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Parkir Liar Marak di Sekitar Pasar Senen

Ratusan sepeda motor yang parkir liar kembali memenuhi Jl Gunung Sahari, tepatnya di depan Pasar Senen, Blok III dan VI, Senen, Jakarta Pusat. Akibatnya, kawasan tersebut terlihat semrawut dan rawan kemacetan. 

Awalnya pihak pengelola pasar menyebut hanya pedagang dan pegawai yang parkir motor di situ. Nyatanya banyak pengunjung yang ikut parkir sehingga menjadi semrawut

Pantauan di lapangan, ratusan sepeda motor diparkir di trotoar dan bahu jalan hingga mencapai 4-5 baris dengan panjang mencapai sekitar 250 meter. Selain itu, banyak angkutan yang ngetem di sembarang tempat. Akibatnya badan jalan jadi menyempit dan rawan kemacetan terutama kendaraan yang melintas dari arah Ancol dan akan berbelok menuju ke Jl R Soeprapto atau Stasiun Jatinegara.

Kondisi serupa juga terjadi di Jl Raya Pasar Senen. Banyak kendaraan dan pedagang kaki lima (PKL) berjualan di trotoar dan bahu jalan. Praktis kawasan tersebut menjadi semrawut.

19 Lokasi akan Dipasang Parkir Meter

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian, Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat, Bona Tongam Siregar mengatakan, ratusan sepeda motor yang parkir di kawasan Senen adalah milik pedagang Blok 3 dan 6. Mereka tidak bisa masuk ke dalam lantaran pasar sedang direhab total pasca kebakaran 2013 lalu.

Persoalan tersebut, kata Bona, sudah dibahas di kantor Kecamatan Senen dan parkir motor tidak ada lagi di bahu jalan jika pembangunan tempat penampungan sementara bagi pedagang korban kebakaran selesai. 

"Awalnya pihak pengelola pasar menyebut hanya pedagang dan pegawai yang parkir motor di situ. Nyatanya banyak pengunjung yang ikut parkir sehingga menjadi semrawut," ujar Bona, Jumat (14/8).

Pihaknya, kata Bona, pernah menindak ratusan sepeda motor dengan cara cabut pentil. Namun diprotes dan didatangi ormas kedaerahan yang tak terima. Namun, pihaknya berjanji akan menindak terus terhadap kendaraan yang parkir di bahu jalan. Selain itu Bona meminta pihak PD Pasar Jaya agar membantu menata areal parkir sepeda motor. Sehingga tidak ada lagi yang turun ke bahu jalan.

Manajer Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun mengatakan, pembangunan tempat penampungan sementara bagi pedagang sudah rampung sejak April lalu. Tercatat sekitar 1.500 pedagang yang berjualan di Pasar Senen Blok III.

"Proses rehab total Pasar Senen Blok III sudah dilakukan sejak Juni lalu. Targetnya pembangunan memakan waktu 18 bulan atau rampung tahun 2017. Itu juga tidak meleset dari perencanaan," ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati